Free Banana Dancing ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
Bani Menulis dan Bercerita: Delete Me NOT

Senin, 18 Juli 2011

Delete Me NOT


Lagi-lagi, tulisan dibawah ini pernah saya upload di fesbuk. dan lagi-lagi, karena alasan blog saya lagi trouble, akhirnya baru bisa saya upload sekarang. Dan lagi-lagi (ih, banyak lagi-lagi nya ya..hehe), saya upload ajah, daripada blog saya sepi, mendingan saya isi ajah, meskipun tulisannya jauh dari update dey....


Senin, 8 Februari 2010
Ada yang mau jadi jodoh saya?
Syarat utama: nggak bikin saya MENUNGGU.


2 kalimat di atas saya copas dari buku berjudul “Delete Me Not”, karangan Alip Yog Kunandar. Buku yang sebetulnya sudah saya incar pas jalan bareng kawan-kawan keliling Gramedia kemarin malem. Karena pas baca depannya ajah, udah mulai ketawa-ketiwi sendiri.

Baca buku ini, jadi inget obrolan kami berlima. Aku, Mbak Iie, Mbak Mel, Anti dan tentu saja abang kami, Bang Andi.

Sabtu, 6 Februari 2010 kemarin, aku pulang ke Pontianak, naik taxi jam 5 subuh. Sebetulnya ada banyak alasan juga sih sampe harus pulang ke Pontianak yang sebenernya tanggung banget. Cuma 2 hari. Tapi lumayanlah. Ngobatin kangen ketemu sama kedua orang tua terkasih, ketemu Bang iwan, abangku semata wayang yang gokilnya lebih parah dari jaman dia SMA, ketemua sama adekku yang rambutnya udah semakin gondrong ajah. Kangen liat mukanya yang kusut, sekusut bajunya. Hihi, kangen sama kakakku, Mbak Yul yang bawel tapi baik hati. Menghadiri arisan di rumah Om ku yang meski sudah gak muda lagi (tapi gak tua-tua amat), tapi tetep gokil kayak masih muda dulu.

Selain kangen sama orang di rumah, aku juga kangen sama si Kingkong asli dari Sinka Zoo, temen becanda yang galaknya lebih galak dari Herder (pisssssss mbak iie). Abisnya, kalo dia lagi sebel, badanku yang sudahlah kecil, mungil pula, pasti jadi sasaran empuk buat ditimpuk pake kapuk. Hihihi....


Nah, kebetulan pula, si Kingkong manis ini juga janjian ketemu Mbak Mel, Anti dan Bang Andi di Gramedia. Jadilah, malam mingguan itu, kami para Jomblo_ers ngumpul makan es krim di A&W dan makan malam di Jawiria.

Obrolan panjang kami berbuntut pada masalah perjodohan. Masalah cinta, masalah laki-laki, masalah perempuan dan masalah mbak iie dan mbak mel yang kayaknya punya kesamaan dalam hal...( ih, gak enak nih nulisnya, pasti bang Andi seneng kalo di kasi kesempatan nulis titik-titiknya, hahaha)..

Soalnya kalo ngomongin tentang Gusdur, pasti yang paling riang gembira cuma bang Andi tuh. Hehe...

Begitu kami bubar, dan sibuk dengan urusan masing-masing, aku masuk lagi ke mall. Maklum pemirsa, dah jarang liat mall dan gramedia. Nah, aku janjian deh ketemuan sama si Arief, wartawan Tribun Pontianak yang juga baru dateng dari Mempawah. Mau ngapain? Biar beli buku dapet diskon. Kan dia anggota KG... ihiihi... jadilah, aku beli 3 novel bulan ini. Salah satunya ya ini, novelnya lucu banget, meski gak gokil2 amat c, dan yang jelas, masih kalah sama The gang way nya Boim Lebon. Hehe... tapi nanti lah, di tulisan berikutnya baru saya tag resensi dari novel tersebut.

Ada kata-kata menarik dari novel tadi: Takdir tak selalu membawa kita pada cinta yang kita inginkan, tapi takdir selalu memberi cinta yang lain dengan caranya sendiri. Kadang kita ingin menggugatnya, kadang kita ingin memprotesnya, tanpa pernah mengambil hikmah dan sisi baiknya. Takdir selalu mengarahkan kita pada sisi yang baik, hanya kita seringkali salah menanggapinya, kita salah menerjemahkannya.

Hm, kembali ke laptop. Mencari jodoh emang gampang-gampang susah sekaligus susah-susah gampang (Lho?? Ealah nduk..nduk, piye toh.... hehe..). Pernahkah Anda ditanya seperti ini:


“Udah punya calon belum?”,
atau “Kapan nih tante di kasi undangan?”,
atau yang ini, “Kapan merit? Udah pas tuh umurnya”.


Kalo yang bertanya adalah teman, atau temannya teman, atau paman dari kakak sepupu sodara tirinya teman disekolahku, atau bahkan kalo yang bertanya itu adalah anak dari sodara kakak ipar nenek yang masih sepupu sama kakak angkatku, aku gak masalah, cukup jawab , “may..maybe yes, maybe not.”(hihi, ngaco banget yak). Tapi, kalo yang bertanya adalah ibuku, yang telah melahirkanku dan mempertaruhkan nyawa saat aku lahir, atau ayahku, yang dengan tetes peluh keringat kerjanya, aku bisa jadi seperti sekarang ini, ada rasa yang menyeruak di dalam dada. Hadduh, pemirsa, gak nahann... pernah gak sih ngerain begitu?


Saya pun cuma bisa jawab begini, “ Iya, Mi. Nanti kalo udah ada yang pas, bakalan di kasi tau kok”. Mungkin karena saya anak perempuan terakhir yang belum menikah. Kakak saya yang pertama, menikah saat usianya 21 tahun. Kakak saya yang kedua, menikah di usia 24 tahun.

Hm, dan saya pun menghela nafas. Karena gak tau kenapa, setiap kali saya pulang ke Pontianak, pertanyaan itu tak pernah luput dari bibir orang yang paling saya sayangi ini, Ibu saya. Wajarkan, mereka mengkhawatirkan anak gadisnya ini. Terlebih saat saya pindah domisili. Belum lagi, pertanyaan dari teman-teman di satu tempat kerja. Seperti kemarin siang, saat kami istirahat melepas lelah setelah bekerja, mbak Muti yang imut (item mutlak, hehe...pisss mbak mut) melontarkan pertanyaan (yang sebenernya, bukan pertama kalinya mbak mut bertanya dengan pertanyaan yang sama, tapi sudah seringkali) :


M : “Bani, umurnya berapa sekarang?”
B : “25, mbak”
(sambil tetep makan siang dengan lahapnya, laper banget nih..)
M : “Jadi, kapan nikahnya? Apalagi sih yang dicari, umur udah pas, udah PN lagi.”
B : “Yah, mbak, gimana mau nikah, lha wong calonnya gak ada, emang mau nikah sama siapa (sambil tetep makan dengan lahapnya.. tambah laper setelah ditanya begitu)
M : ‘Nikah cepet lah, Bani, gak usah kayak mbak, umur 26 baru nikah. Jangan banyak mikir, insyaAllah ada jalan kok kalo kita mau dapet berkah dari Allah”
B : (langsung diem, bukan merenung, tapi keselek makanan...hehe.. jadi buru-buru nyari air)
M : “Nyesel loh nanti, kalo gak nikah sekarang. Coba liat si Rani, udah nikah berubah kan? Jadi lebih cantik, lebih seger, dan semangat kerja.”
B : ( kali ini diem, diem beneran, merenungi kata-kata mbak muti, tapi makannya teteup lanjut... hehe)
M : “Dulu ya, mbak waktu masih gadis, kalo ada waktu luang, pasti kepikirannya mau jalan kemana aja, gak ada tujuan. Tapi, kalo kita nikah, ada yang dituju, selalu pengen cepet pulang, nemuin suami dan anak”
B : (masih diem, soalnya belum bisa ngomong, ni makanan masih dilumat-lumat dulu, biar enak masuk dalam perut)
M : “Mbak juga awalnya mikir, gimana ya dengan gaji yang pas-pas an, tapi dapur tetep bisa ngepul. Gimana dengan kondisi mbak yang saat itu belum kerja, tapi kami tetep bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ada aja jalan yang dikasi sama Allah. Gak usah kuatir lah...”
B : (kali ini memberanikan diri membuka mulut dan berkomentar)
“Hm, bingung mbak. Belum ada yang pas di hati. Ada yang nge-pas di hati, dan sama-sama suka, tapi belum siap. Ada yang suka sama saya, tapi saya nya yang gak bisa terima.”
M : “Emangnya sama tentara gak mau?”
B : (diem sambil geleng kepala tanda tidak setuju)
M : “sama polisi gimana?”
B : (masih geleng kepala)
M : “kalo sama wartawan gimana?”
B : (dengan senyum malu-malu, setengah mengiyakan dan setengahnya lagi masih ragu-ragu)
“Mau sih mbak, tapi takut ditinggal pergi, kalo musti ditinggal liputan, atau pindah tugas...”
M :”kan bisa minta pertimbangan dengan alasan menikah, jadi bisa tetep tinggal sama suami”
B : (masih merenung, sambil menghabiskan makanan yang tersisa)
(merenung lagi, kok ukuran duniawi sih yang dipake?? Sambil senyum2 sendiri)
M :” kadang mbak ketawa sendiri loh Bani. Biasanya habis capek pulang kerja, trus berantem sama suami. Besoknya baikan lagi. Trus, nanti gitu lagi, berantem lagi, tapi baikan lagi. Begitu terus. Tapi disitulah uniknya, kita jadi berpikir, supaya bisa jadi lebih dewasa”

B : “hm, iya mbak, doain aja lah”
M : “mbak yakin kok, banyak yang mau sama Bani. Mungkin bani nih pilih-pilih kali ya..”
B : (gak jawab.. cuma senyam-senyum gak jelas)

Obrolan kami terhenti sampai disitu. Saya membereskan sisa makanan dan mbak mut terlelap tidur dengan nyenyaknya karena kecape’an.

Melihat mbak mut tidur, saya membuka laptop dan mulai menari dengan keyboard. Menulis apa saja yang ada di kepala saya saat ini. Yah, seperti yang saya bilang tadi, mencari jodoh itu gampang-gampang susah. Kalo mbak mut bilang, mencari jodoh itu, seperti mencari pekerjaan. (lha...???)


Tapi, setidaknya, untuk saat ini, saya masih bisa lebih tenang. Kenapa? Toh masih banyak kawan-kawan seangkatan saya yang juga belum menikah. Bahkan di atas saya, masih banyak juga yang belum menggenapkan setengah dien-nya. Meski saya sadar, pola pikir seperti ini tidaklah benar. Menyegerakan menikah, adalah sunnah rasul. Anyway, doakan saja, kami-kami yang masih jomblo ini, segera menemukan tambatan hati, teman hidup untuk mengarungi biduk rumah tangga yang sakinah mawaddah wa rahmah menjadi keluarga yang bahagia, makmur, sentosa, sejahtera, damai, aman, terkendali (BMSSDAT). Tentu saja dengan cara yang tepat, pada saat yang tepat dan dengan orang yang tepat pula..... wuihhh, kata-katanya itu loh, berat cuy.. bermakna buangetttttttt...hehe

*Buat Bung Arief: thanks udah nemenin ke gramed 
*Buat bang Andi: Thanks buat traktir kami-kami ini, para bidadari yang turun dari mall...hehe
*Buat kingkong (mbak iie), mbak mel, anti: kapan-kapan kita jalan ke singkawang yak...ayolah, kapan lagi, mumpung masih sendiri, mumpung masih jomblo, kalo dah punya suami, susah mau jalan bareng...........hihihi.............
*Buat mbak Mut: meski kadang “ember”, gokil ‘n nyebelin, tapi gak nyangka, kalo dah ngomong serius, dewasaaaaaaaaaaaaa buangedddddd......

4 komentar:

Wawan mengatakan...

habuis baca-baca,,, jadi ingat kejadian-kejadian ntu ban... lumayan seru juga hiudp lu ban...

Nurbani mengatakan...

haha... iya ya wan. Tapi ada juga yang bilang, kalau hidupku ini terlalu lembut, terlalu datar. dan terlalu-terlalu lainnya. Soalnya gak ada tantangan2 nya.. hehe

enozahra mengatakan...

hmmmmmm.....cukup mirip kisahnya, apalagi kalau pas ngumpul keluarga....wah bakal jadi sasaran empuk tuh.....do'ain ya ban, agar segera menyusul dirimu menggenapkan setengah dien ^_^.
by the way izin copas kalimat ini ya
"Takdir tak selalu membawa kita pada cinta yang kita inginkan, tapi takdir selalu memberi cinta yang lain dengan caranya sendiri. Kadang kita ingin menggugatnya, kadang kita ingin memprotesnya, tanpa pernah mengambil hikmah dan sisi baiknya. Takdir selalu mengarahkan kita pada sisi yang baik, hanya kita seringkali salah menanggapinya, kita salah menerjemahkannya".
bagus soalnya hehehehhe

Nurbani mengatakan...

*Eno: sile aje diambil neng, gak perlu bayar, tapi rekening saya siap menampung. hehehe..

AMiin, semoga dikau segera bertemu dengan pangeranmu ya.. :)